Minggu, 25 September 2011

Jembatan Penghubung 3 Kota


Jembatan Penghubung 3 Kota

POSTED BY ADE.ARIZAL ON MARCH - 21 - 2011 ADD COMMENTS
Jembatan terpanjang di dunia selesai dibangun di Cina setelah empat tahun pengerjaan. Jembatan sepanjang 42,5 kilometer yang memiliki persimpangan tersebut menghubungkan tiga kota di Cina. Jembatan itu menghubungkan Kota Qingdao di sebelah timur Provinsi Shandong dengan Distrik Huangdao. Panjang jembatan tersebut mencapai 42,5 kilometer atau sekitar delapan kali lebih panjang dari jembatan Suramadu di Jawa Timur, Indonesia, yang memiliki panjang 5,4 kilometer.
8f3dbaf5 Jembatan Penghubung 3 Kota
2419f4c3 Jembatan Penghubung 3 Kota
Jembatan bernama Qingdao Haiwan tersebut dibangun dua tim berbeda yang mengerjakan sejak 2006. Jembatan menghubungkan tiga kota pantai di Provinsi Shandong. Salah satu teknisi mengatakan, “Contoh dari komputer dan perhitungannya semua sangat bagus. Tapi Anda tidak bisa bersantai sampai kedua sisi menyatu. Kerenggangan beberapa sentimeter saja bisa memicu bencana.”
qingdao 300x177 Jembatan Penghubung 3 Kota
Jembatan terpanjang ini dibangun salah satu tujuannya ternyata hanya untuk menyingkat jarak tempuh 20 menit dari 2 kota yang berhubungan
Jembatan Qingdao Haiwan menyisihkan jembatan Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat. Lake Pontchartrain Causeway memiliki panjang 38,42 kilometer.
Sumber: Terselubung

Jembatan di Atas Awan

POSTED BY ADE.ARIZAL ON MARCH - 19 - 2011 ADD COMMENTS
Sensasi berjalan menembus awan di angkasa, hanya dapat dinikmati di Jembatan Le Viaduc de Millau, jembatan tertinggi di dunia yang berlokasi di Millau, Perancis. Jembatan ini menghubungkan Paris dan Barcelona. Jembatan ini juga dilengkapi dengan kaca transparan yang aerodinamis yang berfungsi melindungi mobil dari hembusan angin.
viaduc millau Jembatan di Atas Awan

2009 top buildings 18 Jembatan di Atas Awan
Jembatan Millau (le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn di pegunungan Massif Central dekat Millau di selatan Perancis, yang pada pagi hari selalu diselimuti oleh embun pagi. Orang yang berkendaraan melintasi awan-awan yang mengambang rendah di pegunungan dapat dengan mudah menggapainya, sambil melihat pemandangan yang luar biasa menakjubkan di bawahnya serta tanpa perlu khawatir gangguan angin yang kuat. Jika Anda melintasi jembatan ini, maka Anda laksana berjalan di langit dengan menembus atau diiringi awan yang berarak. Sungguh sensasi yang luar biasa..!
Jembatan unik ini kini bukan hanya jadi sarana transportasi tapi juga ajang wisata. Banyak wisatawan yang ingin menjajal berkendaraan bersamaan dengan awan yang berarak di sekelilingnya serta mengambil foto cantik jembatan ini.  Menurut Chirac, pembangun jembatan ini merupakan keajaiban dan menjadi lambang kemajuan teknik sipil Prancis. Jembatan ini juga berfungsi sebagai simbol dari kemoderan Prancis.
ml 8 Jembatan di Atas Awan
Millau mulai dibangun pada tanggal 16 Oktober 2001 dan dibuka resmi pada 14 Desember 2004, lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan, yakni tiga tahun. Hal ini salah satu sebabnya adalah faktor cuaca, selain memang tingkat kesulitan yang tinggi.  Maklum, jembatan ini selain luar biasa tinggi juga dibangun di  lokasi yang tidak biasa. Struktur tanah yang tak rata, maklum wilayah pegunungan.Digunakan sistem hidrolik untuk menyorong geladak kembatan ke dalam tempat seharusnya. Sistem ini disediakan oleh Enerpac Hydraulic Systems – perusahaan yang juga “mengangkat” Golden Gate Bridge. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden Jacques Chirac berkuasa (sekarang Sarkozy) dalam sebuah upacara yang megah.
 ml 10 Jembatan di Atas Awan
Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Lord Foster. Millau merupakan jembatan tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 343 meter (1.118 kaki), sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Viaduc de Millau memperoleh penghargaan atas konstruksi yang unggul dari Internasional Asosiasi untuk Jembatan dan tanah Konstruksi IABSE.
ml 3 Jembatan di Atas Awan
Picture30 Jembatan di Atas Awan
Jembatan ini dibangun dengan menggunakan metode pelaksanaan Incremental Launching Method / ILM. ILM adalah suatu metode erection pada jembatan bentang panjang yang sudad diimplementasikan sejak tahun 1962 yaitu di Rio Caroni Bridge di Venezuela. Metode ini ditemukan oleh Prof. Dr. Ing. F. Leonhardt dan partnernya Willi Baur. Metode ini telah dipatentkan sejak tahun 1967.

Design Jembatan

  1. Viaduc de Millau memiliki total panjang 2460 m dan lebar adalah 32 m.
  2. Terdiri atas 8 bentang atau spans dan 7 buah tiang jembatan / piers.
  3. Terpanjang bagian antara kolom diukur 342 m.
  4. Tinggi tiang tertinggi adalah 343 m. Tinggi pylon adalah 87 m.
  5. Tebal jalan 4.20 m dan lebar deck adalah 27,35 m.
  6. Total beton yang digunakan adalah 227.000 ton dan baja yang digunakan 39.700 ton.
9u6v49 Jembatan di Atas Awan

Fakta-fakta Mengenai Jembatan Ini

  1. Tiang kaki-kakinya tertinggi di dunia. Tiang P2 setinggi 244,96 meter dan P3 221,05 meter, mematahkan rekor Perancis yg sebelumnya dipegang oleh Tulle and Verrieres Viaducts (141 meter), dan rekor dunia yg sebelumnya dipegang oleh Kochertal Viaduct (jerman) yg berketinggian 181 meter.
  2. Tiang jembatannya tertinggi di dunia. Puncaknya mencapai tinggi 343 meter berdiri di atas tiang P2.
  3. Jalan raya jembatan tertinggi di dunia. Terletak pada ketinggian 270 meter di atas permukaan laut pada titik tertingginya. Hanya jembatan gantung Royal Gorge Bridge (321 meter) di Colorado, Amerika, yg lebih tinggi, itupun hanya digunakan untuk pejalan kaki.
Picture14 Jembatan di Atas Awan

1 komentar:

  1. kira-kira kapan Indonesia bisa seperti itu yah??? tapi sepertinya sangat susah soalnya jembatannya masih dalam rangcangan uangnya sudah habis dibagi-bagi

    BalasHapus